Sunday, March 25, 2018

21 Macam Resep Bakso, Cilok dan Pentol

RESEP BAKSO

RESEP BAKSO

By @deviirwantari

Bahan:
1 kg daging sapi yg bagus
100 gr tepung tapioka
3 sdm tepung terigu
2 butir telur
7 butir bwg putih
7 sdm bwg putih goreng
3 sdm bwg merah goreng
Es batu secukupnya
2 sdm peres garam
1 sachet Masako rasa sapi
100 gr keju mozarella, potong dadu
15 cabai rawit ijo, rajang halus
2 butir telur ayam kampung, rebus

Cara membuat:
- Giling semua bahan daging dan bumbu bersama es batu sampai halus dan tercampur rata.
- Bagi adonan bakso menjadi beberapa bagian. Yg buat bakso rawit, letakkan daging yg telah dicampur dg cabai rawit di loyang kotak yg telah di olesi minyak goreng, kukus daging sampai matang, angkat. Sisihkan
- masak air di dlm panci, biarkan sampai mendidih, lalu masukkan daging, bentuk pipih beri isian keju. Begitu jg caranya untuk yg isian telur. Lalu bulatkan dg sendok, biar tidak lengket di tangan dan mudah di bentuk, celupkan sendok di air panas.
- Masukkan adonan bakso di air mendidih. Setelah bakso mengapung, angkat dan tiriskan
- untuk bakso polos, sama aja caranya dengan bakso keju. Hanya ga perlu di pipihkan. Langsung dibulatkan dg bantuan sendok. Biar gampang dibentuk, sendoknya dicelup ke air panas
- untuk bakso bentuk kotak, bakso yg telah dikukus, lepaskan dari loyang, tinggal di potong aja sesuai selera

Kuah bakso :
1/2 kg tulang sapi
2 sdm bawang putih goreng
7 butir bwg putih, haluskan
2 daun bawang rajang halus
1 sdt merica bubuk
1 butir bunga pekak
1 sdm garam (sesuai selera)

Cara membuat:
Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan semua bahan ke air rebusan tulang yg sudah mendidih, koreksi rasa. Siap di sajikan.
 
Salome solo

Salome solo

Oleh @ayutyassnugroho

salome katanya klo d solo, klo dimedan namanya bakso kojek, kalo di bandung cilok.

Bahan :
🔺 100gr tepung terigu ( pakai segitiga )
🔺 200gr tepung tapioka ( merk sagu pak tani )
🔺 2bh bawang putih
🔺 1sdt merica
🔺 1batang daun bawang ( cincang halus )
🔺 2btang daun seledri ( cincang halus )
🔺 secukupnya garam
🔺 secukupnya kaldu ayam bubuk
🔺 air matang secukupnya
🔺 saus belibis
🔺 abon cabe

Cara membuat :
🔺ulek bumbu halus bwang putih dan merica . Jika sudah halus, masukkan ke dalam mangkok kecil berisi air. ( kira2 80ml )
🔺siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tapioka, garam, kaldu ayam, daun bawang daun selederi, kemudian masukkan air ulekan sedikit demi sesikit sambil di uleni.
🔺 uleni hingga kalis, tekstur jangan terlalu encer jangan terlalu keras. Balurin tangan dengan minyak, bentuk bulat2, celupkan ke dlm air mendidih sambil dinyalakan api, apinya kecil aja. 🔺tunggu hingga matang, sajikan dengan saus pedas ( untuk saus, saus belibis ditambah denganabon cabe, beri air hangat secukupnya aduk2 siram ke atas salomenya ).





 
BAKSO PEDESS MANIS
BAKSO PEDESS MANIS

By @aras_galeri

Assalammu'alaikum, saya mau share resep bakso pedes manis ya, di rumah pada doyan bakso bakar, tapi kemaren sore udah gak keburu mau bakar-bakaran, jadi di tumis aja biar cepet, bumbunya sama kayak bakso bakar, cuma ini di tambah bombay, , rasanya pedess manis tapi lebih dominan pedesnya, enak banget👍😊

BAKSO PEDESS MANIS

by: @aras_galeri

Bahan
15 bakso sapi
1 bombay
2 sdm kecap manis
1 sdm saos tiram
1 sdt kecap inggris
1 sdm margarin
Garam dan gula
Takaran kecap bisa di sesuaikan dengan selera ya

Bumbu ulek
5 cabe merah kriting
5 cabe rawit merah
10 cabe rawit ijo
4 siung bawang putih

Caranya
1. Rebus bakso sebentar, tiriskan
2. Panaskan margarin, tumis bumbu ulek sampai harum lalu masukkan irisan bombay, aduk2 sampai matang, masukkan air secukupnya, bakso, saos dan kecap2, bumbui garam dan gula, masak sampai kuah mengental.






 
BAKSO BERANAK KW
BAKSO BERANAK KW

By @deviirwantari

Bahan :
1 kg daging sapi yg bagus
100 gr tepung tapioka
3 sdm tepung terigu
2 butir telur
7 siung bawang putih
7 sdm bawang putih goreng
3 sdm bawang merah goreng
Es batu secukupnya
2 sdm peres garam
1 sachet Masako rasa sapi
100 gr cabai rawit (bisa skip) di uleg kasar
10 cabai merah besar (bisa skip) di uleg kasar
Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat :
- giling semua bahan daging dan bumbu bersama es batu, sampai halus dan tercampur rata
- tumis cabai yg udah di uleg kasar dg sedikit minyak, angkat
- bagi adonan bakso menjadi 2 bagian
- masak air di dalam panci, biarkan sampai mendidih. Lalu ambil 1 bagian adonan bakso. Pipihkan sebesar kelereng, isi dalamnya dg tumisan cabe. Bentuk seperti kelereng, dg bantuan sendok teh. Masukkan di air mendidih. Lakukan sampai habis.
- sebagian adonan lagi, ambil pipihkan di tangan. Masukkan adonan bakso kelereng 6 biji. Lalu bungkus dg adonan. Lakukan dg bantuan sendok makan. Lakukan sampai habis. Apabila bakso mengapung. Angkat, tiriskan

Kuah bakso :
1/2 kg tulang sapi
1 sdm bawang putih goreng
7 butir bawang putih haluskan
2 daun bawang di rajang halus
1 sdt merica bubuk
1 butir bunga pekak
1 sdm garam (sesuai selera)

Caranya :
tumis bumbu halus, lalu masukkan semua bahan ke air rebusan tulang yg udah mendidih. Koreksi rasa, siap disajikan






 
OSENG OSENG BAKSO
OSENG OSENG BAKSO

Oleh @dapur_mamaalba

Bahan:
10buah bakso (ukuran bsr)
1lonjor Pete
1buah bawang bombay, iris
1sdm saos tiram
3sdm kecap manis
1/2sdt merica bubuk
Gula dan garam

Bumbu halus:
3buah bawang putih
5buah cabe merah keriting
3buah cabe merah rawit (ops)

Cara membuat:
- tumis bawang Bombay kemudian masukkan bumbu halus
- masukkan bakso aduk2, tambahkan sedikit air
- masukkan bahan lainya, masak sampai air menyusut
- koreksi rasa sesuai selera


CILOK CERIA ISI KEJU
CILOK CERIA ISI KEJU

By @deviirwantari

Bahan :
250 gr tepung terigu
250 gr tepung tapioka
8 siung bawang putih, dihaluskan
Garam secukupnya
350 ml air
250 daun bawang dirajang halus, seledri di iris halus
100 gr keju potong dadu
Minyak goreng untuk membentuk adonan, supaya ga lengket

Cara membuat :
- masak air, bawang putih dan garam sampai mendidih. Matikan api
- lalu campurkan tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang dan seledri. Tuangkan di air. Aduk adonan sampai Kalis
- bagi adonan menjadi 4 bagian, di masing2 adonan teteskan pewarna 2 tetes, untuk merah, hijau dan kuning. 3 tetes pewarna untuk adonan ungu. (Gunakan minyak goreng di tangan biar ga lengket)
- ambil adonan secukupnya, pipihkan. Letakkan keju di tengah, lalu bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis
- masak air sampai mendidih, masukkan adonan cilok bulat, rebus hingga cilok mengapung. Tanda udah matang, angkat

Saos kacang :
300 ml air, gula merah dan cabai secukupnya
30 gr gula merah disisir

* Haluskan kacang tanah goreng, cabai dan bawang putih sampai halus. Masukkan air masak diatas api sedang, lalu masukkan daun jeruk. Masak sampai kental. Angkat
Siram saus kacang diatas cilok





BROKOLI SAOS TIRAM BAKSO
BROKOLI SAOS TIRAM BAKSO

Oleh @lannytjong

BAHAN :

Brokoli 1 bongkol
Bakso ikan secukupnya
Baput 1 siung cacah
Saos tiram
Kecap manis
Garam,kaldu jamur
Sedikit air
Tepung maizena

How to cook :
Kukus sebentar brokoli ,sisihkan.
Tumis baput hingga harum,masukan bakso kasi saos tiram,garam dan kaldu jamur aduk rata.kasi sedikit air,tes rasa kalo uda pas masukan tepung maizena yg uda di larut air.aduk rata .angkat
Sajikan brokoli di piring siram kan bakso ikan nya di tengah.siap di makan 😋😋





Tahu bakso
Tahu bakso

Oleh @masaklagi

Bahan Utama:
•Tahu kuning ukuran besar 15 buah
•Daging sapi giling 250 gram
•Telur 2 butir
•Tepung Kanji 100 gram
•Bumbu pelengkap:
•Bawang Putih 5 siung,ditumbuk halus
•Merica Bubuk 2 sendok teh
•Garam 2 1/2 sendok teh
•Kaldu sapi bubuk 1/2 sendok teh
•Minyak goreng

Bahan adonan :
12 sdm tepung terigu + air secukupnya
Haluskan (1 siung baput + garam + ketumbar + kaldu ayam bubuk)
Campur adonan tepung dan bumbu yang dihaluskan,adonan siap digunakan utk menggoreng

Cara membuat:
-Potong tahu bentuk segitiga lalu ambil belah bagian tengahnya untuk membuat rongga lalu sisihkan.
-Siapkan baskom untuk membuat adonan. Pertama campurkan daging sapi giling,telur, dan bumbu serta tambahkan juga tepung kanji dan aduk sampai semuanya tercampur rata. Setelah semua adonan tercampur rata masukkan ke dalam tahu yang diberi rongga tadi satu per satu lakukan sampai semua tahu terisi semua. Setelah tahu sudah diisi semua siapkan panci yang digunakan untuk mengukus lalu masukkan tahu yang sudah diisi, tunggu hingga sekitar 25 menit mulai dari sejak air mendidih. Ketika tahu bakso sudah matang angkat dan tiriskan.
-Celupkan tahu bakso satu2 ke dalam adonan tepung sampai habis lalu goreng sampai matang kecoklatan,angkat dan sajikan panas.





ASINAN CILOK
ASINAN CILOK

By @deviirwantari

Bahan :
250 gr tepung terigu
250 gr tepung tapioka
8 siung bawang putih, dihaluskan
Garam secukupnya
350 ml air
250 daun bawang dirajang halus, seledri di iris halus
100 gr keju potong dadu
Minyak goreng untuk membentuk adonan, supaya ga lengket

Cara membuat :
- masak air, bawang putih dan garam sampai mendidih. Matikan api
- lalu campurkan tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang dan seledri. Tuangkan di air. Aduk adonan sampai Kalis
- ambil adonan secukupnya, pipihkan (gunakan minyak goreng biar ga lengket) Letakkan keju di tengah, lalu bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis
- masak air sampai mendidih, masukkan adonan cilok bulat, rebus hingga cilok mengapung. Tanda udah matang, angkat

Sambal cilok (asinan) :
Uleg kasar cabai merah, garam, gulpas, bawang putih, bawang merah, sejumput terasi bakar Rebus dg sedikit air matang. Biarkan air menyusut. Angkat, percikin air jeruk limau
Siram cilok dengan kuah asinan.





Bakso Tahu Aci
Bakso Tahu Aci

Oleh @dianayupuspitasariㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bahan :ㅤㅤ
10 buah tahu kopong.
5 sdm tepung tapioka.
2 sdm daging ayam giling.
3 siung bawang putih, haluskan.
1 sdm garam.
1 sdm merica bubuk.
1 buah telur ukuran kecil. ㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Cara :
1. Campurkan semua bahan isian. Tambahkan dengan 1/4 gelas air. Hingga adonan kalis.
ㅤㅤ
2. Belah tahu menjadi dua bagian. Isi bagian dalam nya. Rebus selama 30 menit dalam air mendidih yang diberi 2 sdm minyak. Tiriskan.


Pentol Ayam
Pentol Ayam

Oleh @widipurnamasari

Bahan :
Dada ayam 500 grm
Kanji 4 sdm
B.merah goreng 2 sdm
B.pitih 3 siung
Putih telor 1 butir
Es batu 150 ml
Baking powder 1/2 sdm
Garam 1/2 sdt
Royco 1 sdt
Merica 1/2 sdt
Ketumbar bubuk 1 sdm

Cara :
1.haluskan ayam disarankan pake chooper ya biar hasilnya halus masukan bumbu bumbu dan telor haluskan lagi lalu masukan kanji / tapioka / sagu klo suka lebih kenyel bs ditambah kanjinya klo pngen ayam nya berasa strong 4 sdm
2.panaskan air kedalam panci
3.cetak bakso sesuai selera menggunakan tangan dan sendok

Bahan saus:
Saus cabai 5 sdm
Cabe rawit 10 bijibatau sesuai selera
B.putih 1 siung
Gula psir 122 sdm
Garam 1/4 sdt
Semua bahan ditumis tambahkan air kurleb 100-200 ml.


Bakso Ikan Asam Manis
Bakso Ikan Asam Manis

Oleh @dapur_yushima

Bahan:
Bakso Ikan siap pakai, celupkan dalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung panir, goreng hingga keemasan dengan api kecil dalam minyak yg telah dipanaskan sebelumnya. Angkat, tiriskan.

Bahan Saus:
1 buah bawang bombay iris
1/2 wortel iris korek api tipis
1 batang buncis potong kecil
1 siung bawang putih, cincang
300 ml Air (kurang lebih)
4 sdm saos tomat
2 sdm saos sambal
1 sdm kecap manis
1 sdm saos tiram
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt tepung maizena dilarutkan dg sedikit air

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bombay bombay hingga harum, masukkan wortel dan buncis, tambahkan semua saus + air + garam + gula, aduk rata. .
2. Masak hingga mendidih, koreksi rasa. Lalu tambahkan larutan repung maizena, masak sebentar hingga agak kental. Matikan kompor, saus akan lebih mengental setelahnya. .
3. Siramkan saus ke atas bakso ikan, siap disajikan :)

CILOK ISI KEJU
CILOK ISI KEJU

By @deviirwantari

Bahan :
250 gr tepung terigu
250 gr tepung tapioka
8 siung bawang putih, dihaluskan
garam secukupnya
350 air
2 batang daun bawang, di rajang
seledri, di iris halus
100 gr keju, dipotong dadu

Cara membuat. :
1. Masak air, bawang putih dan garam sampe mendidih. Matikan api
2. Lalu campurkan tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang dan seledri tuangkan di air. Aduk sampai kalis
3. Ambil adonan secukupnya, pipihkan, letakkan keju di tengah lalu bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis
4. Masak air sampai mendidih, masukan adonan cilok yg sudah dibentuk bulat, rebus hingga cilok mengapung. Tanda sudah matang. Lalu angkat

Bahan Saos :
- 100 gr kacang tanah
- 8 buah cabe kriting
- 5 bawang putih
- 5 daun jeruk disobek-sobek
- 30 gr gula merah
- 300 ml air

Cara Membuat. :
1. Haluskan kacang tanah goreng , gula merah, bawang putih dan cabe sampai halus masukan air
2. Masak diatas api sedang, Masukkan daun jeruk. Masak sampai kental
3. Angkat, siram diatas cilok. Sajikan.

CILOK TELUR PUYUH
CILOK TELUR PUYUH

Oleh @ginanjarvk

Bahan :
200 gr tepung kanji
150 gr terigu
10 bij telur puyuh matang
150 ml air hangat
seledri
bumbu halus (3 siung bamer, 2 siung baput, 1/4 sdt merica, gulgar)

Cara Memasak :
Campur tepung kanji dan terigu
Tambahkan bumbu halus dan seledri
Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis (banyaknya air menyesuaikan adonan ya)
Kupas telur puyuh, masing-masing bagi dua bagian
Pulung adonan cilok, isi dengan telur puyuh, tutup dan bentuk bulatan
Lakukan sampai adonan habis
Didihkan air, rebus cilok sampai mengapung
Tiriskan
Sajikan dengan sambal kacang atau saos kecap sesuai selera
 
Bakso goreng
Bakso goreng

Oleh @linasutiono

Bahan :
200 gr ikan yg sdh di haluskan (sy pakai tenggiri)
300 gr udang di cincang
200 gr sagu
3 btr telur
3 btr b.putih haluskan
6 bh b.merah haluskan
2 btg kucai iris halus
Garam, gula dan merica secukupnya

Caranya :
*Aduk ikan, udang, telur, garam dan gula sampai rata. Tambahkan b.merah, b.putih dan kucai. Aduk sampai kalis. Masukkan sagu aduk rata. Bentuk bulat bulat lalu grg sampai matang.
Bakso Oseng Pedas
Bakso Oseng Pedas•ㅤㅤ

Oleh @dianayupuspitasariㅤ
ㅤㅤ
Bahan :ㅤㅤ
10 butir bakso (bisa menggunakan bakso instan, kalau sy bikin sendiri, resep sy share lg ya)ㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan Bakso :ㅤㅤ
1/2 kg daging sapiㅤ
1 1/2 sdt garamㅤㅤ
1 sachet merica bubuk ukuran kecil (ladaku)ㅤㅤ
2 sdm bawang putih bubuk (bisa diganti dgn 5 siung bawang putih dihaluskan)ㅤ300 gram tepung tapioka ㅤ
2 sdm tepung teriguㅤㅤ
Putih telur dari 1 butir telur ayamㅤㅤ
ㅤㅤ
*haluskan semua bahan bakso. Buat bulatan dan rebus dlm air mendidih slm 30 menit. ㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤ
Bumbu :ㅤㅤ
5 butir bawang merahㅤㅤ
3 siung bawang putihㅤㅤ
5 buah cabe merah keritingㅤㅤ
6 buah cabe rawitㅤㅤ
1 ruas lengkuas, geprek
2 sdm saus sambalㅤㅤ
1 sdm kecap manisㅤㅤ
1 sdm gula merahㅤㅤㅤㅤ
1 sdt saus tiramㅤㅤ
Garam dan merica secukupnyaㅤㅤ
ㅤㅤ
Cara :ㅤㅤ
1. Belah empat bakso. Jika bakso sebelumnya dlm keadaan beku, rebus dulu hingga matang.ㅤㅤ
ㅤㅤ
2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe. Tumis bersama lengkuas. Masukan 1 gelas air beserta semua bahan bumbu. Masukan bakso. Aduk hingga air habis dan mulai mengeluarkan minyak.
Tahu Rambutan
Tahu Rambutan

Oleh @desiestapp

bahan:
Tahu putih saya pake yang kecil2 sekitar 6 bijian.
Bakso 1 bungkus, isi 10.
Wortel 1 buah, parut. .
Daun bawang 1 Batang.
Tepung terigu 1,5 sdm.
Mie instan 1 bungkus.
Garam, lada dan kaldu bubuk secukupnya.

caranya:
Haluskan tahu putih dengan garpu. Masukkan wortel parut, daun bawang, terigu, garam lada kaldu. Cicipin. .
Siapkan bakso, bungkus dengan dibalut tahu satu persatu. .
Remukkan mie instan, gulung2 tahu diatas remukan mie tadi. .
Goreng hingga matang. .
Sajikan dengan saus sambal
 
TAHU BAKSO & SAMBAL KACANG
TAHU BAKSO & SAMBAL KACANG

by @meibasuki

Bahan:
6 buah tahu segi 4, potong jadi 2, bentuk segitiga

Bahan dan bumbu Isian Tahu:

200 gr daging ayam, giling
100 gr udang kupas, giling
2 batang daun bawang, potong halus
3 sdm tapioka
1 putih telur

Bumbu:
7 butir bawang putih, haluskan
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 sdt minyak wijen
2 sdt gula pasir

Cara membuatnya:
1. Goreng tahu sampai kecoklatan, lubangi/buang bagian tengahnya, sisihkan
2. Di sebuah wadah: Campur semua bahan isian dan bumbu, aduk rata.
3. Sendokkan bahan isian ke dalam lubang tahu, ratakan.
4. Didihkan air di panci kukusan, beri kain pada penutup pancinya
5. Kukus tahu bakso sekitar 20 menit/sampai matang
6. Hidangkan dg sambal cocolan

Sambal Cocolan/Sambal Kacang

Bahan:
75 gr kacang tanah goreng
2 butir bawang merah, goreng
7 butir bawang putih, goreng
1 buah cabe merah, goreng
1 sdm cuka
1 sdm gula merah
1 sdm gula pasir
Garam
200 ml air
Cabe rawit bila suka

Cara membuatnya:
Haluskan semua bahan, rebus sebentar sampai mendidih, cicipi, hidangkan.
 
BAKSO GORENG
BAKSO GORENG

By : @xanderskitchen

Bahan :
200 gr ikan yg sudah dihaluskan
300 gr udang dicincang
200 gr sagu
3 btr telur
3 siung bawang putih haluskan
6 btr bawang merah, haluskan
2 btg kucai diiris halus
Garam, gula, merica secukupnya

Cara buat :
Aduk ikan, udang, telur ,garam, gula sampai rata. Tambahkan bwg merah, bwg putih dan kucai. Aduk sampai kalis. Masukkan sagu, aduk rata. Bentuk bulat2 lalu goreng sampai matang.
 
Pentol Bumbu Pedas
•Pentol Bumbu Pedas•ㅤㅤ

Oleh @dianayupuspitasariㅤ
ㅤㅤ
Bahan Pentol :ㅤㅤ
3 sendok makan daging sapi gilingㅤㅤ
2 sendok makan tepung sagu taniㅤㅤ
1 sendok makan tepung teriguㅤㅤ
4 siung bawang putihㅤㅤ
Garam dan merica secukupnya
ㅤㅤ
Bumbu pedas :ㅤㅤ
4 buah cabe merah keritingㅤㅤ
2 buah cabe rawitㅤㅤㅤㅤ
2 siung bawang putihㅤㅤ
1 sendok makan kecap manisㅤㅤ
2 sendok makan saus sambalㅤㅤ
1 sendok teh saus tiramㅤㅤㅤㅤ
Garam dan gula secukupnyaㅤㅤ
ㅤㅤ
Cara memasak :ㅤㅤ
1. Membuat pentol. Haluskan bawang putih, campur dengan semua bahan. Buat bulatan dan rebus pentol sampai matang. Tiriskan.ㅤㅤ
ㅤㅤ
2. Membuat saus. Haluskan bawang putih dan cabe. Sy pakai blender supaya halus seperti saus. Caranya, tambahkan 1/2 gelas dlm blender bersama cabe dan bawang. Tuang ke dalam wajan, tambahkan sedikit minyak, kecap, saus tiram, saus sambal, garam dan gula.ㅤㅤ
ㅤㅤ
3. Masukan pentol ke dalam saus yg sdg dimasak. Aduk sampai semua bumbu meresap.ㅤㅤ
 
SEBLAK BAKSO KUAH
SEBLAK BAKSO KUAH

Oleh @fiqhiwahab55

Bahan:
10 butir bakso ( pakai bakso ayam)
10 buah cabe rawit
3 buah cabe keriting
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
1 sendok saus sambel
1/2 sendok kecap manis
1 batang daun bawang
Secukupnya garam
Secukupnya lada bubuk
Secukupnya kaldu jamur bubuk
Secukupnya gula (optional)
Secukupnya air / air kaldu
Secukupnya minyak goreng (untuk menumis)

1. Ulek cabe, bawang putih, bawang merah serta kencur sampai halus.lalu tumis sampai wangi.
2. Masukkan saus sambel, kecap, garam, lada, serta tambahkan air (takaran air sesuai selera). 3. Terakhir tambahkan bakso dan daun bawang. Tunggu sampai daun bawang matang. Angkat. Sajikan.



 


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.